Cat Kayu Terbaik Untuk Finishing Furniture Interior

Finishing duco solid / opaque color bisa didapatkan dengan aplikasi produk cat duco kayu terbaik dari Bioindustrusies, yaitu seri produk cat water based BioColors Bioduco. Selain aman dan ramah lingkungan, kualitas hasil finishing-nya tidak kalah dibanding solvent based.

Jenis finishing kayu duco solid pada furniture, home decor ataupun arsitektur rumah akan memberikan tampilan yang mewah dan juga menarik. Cat duco akan menutup serat kayu dan memberi tampilan warna solid yang menutup sempurna serat kayu. Secara umum, cat duco akan diaplikasikan dengan menggunakan spray system untuk menghasilkan hasil finishing yang sempurna.

Baca Juga: cat tembok

Dewasa ini cat kayu duco solid memiiki basis penggemar yang cukup kuat. Tampilan hasil finishing-nya yang terkesan elegan dan mahal menjadi salah satu penyebabnya. Cat duco solid sendiri saat ini tersedia dalam pilihan bahan solvent based maupun water based. Namun saat ini masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa cat duco water based memiliki tampilan warna yang tidak tajam karena pigmen warna biasanya dimunculkan dari bahan organik.

Anggapan tersebut pada akhirnya terbantahkan. Karena cat water based memiliki formula yang mampu memperlihatkan warna secara tajam bahkan lebih baik dibandingkan zat timbal atu merkuri yang sering digunakan pada cat minyak. Itulah salah satu alasan cat duco kayu terbaik saat ini adalah cat water based. Selain itu, ada banyak keunggulan cat duco water based yang memastikan jenis cat ramah lingkungan ini lebih baik dibanding cat solvent based.

Finishing Menggunakan Cat Duco Kayu Terbaik yang Aman
Kesadaran masyarakat untuk beralih ke cat water based masih sangat perlu dibangun. Masih banyak masyarakat yang belum menggunakan cat duco kayu water based. Ada berbagai macam alasan yang mempengaruhi yaitu karena memang tidak memerlukan bahan finishing warna solid, masih tetap nyaman menggunakan cat minyak, karena permasalahan budget yang menganggap cat kayu minyak murah. Namun, kebanyakan masyarakat yang belum beralih menggunakan cat water based karena belum mencoba menggunakannya.

efek berbahaya penggunaan cat solvent based pada tubuh manusia

Masalah penyakit yang sangat berbahaya ini harus dipahami oleh para orang tua, wajib disadari untuk memilihkan cat atau bahan finishing yang aman pada mainan anak. Masalah kesehatan yang sering timbul akibat penggunaan cat berbasis solvent adalah batuk, iritasi kulit, pusing bahkan penyakit yang paling berbahaya adalah penyakit kanker. Kanker yang biasanya menyerang adalah kanker tenggorokan, kanker otak, kanker hati dan juga kanker paru-paru.

Penyakit kanker sangat berbahaya bahkan menjadi penyakit berbahaya nomor satu di dunia yang menyebabkan kematian paling tinggi. Penyebabnya adalah pola hidup yang tidak baik. Selain itu peranan bahan organik seperti formalin, timbal dan merkuri yang dihasilkan oleh berbagai produk yang digunakan manusia, termasuk cat, dihirup manusia sehingga peresapan bahan kimia pada tubuh sangat cepat.

Bagi Anda yang bekerja dengan cat minyak harus waspada karena juga dapat menimbulkan penyakit turunan. Sadarkan diri Anda dengan menggunakan cat kayu water based yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya bahkan memiliki fungsi atau hasil yang lebih menarik dibandingkan dengan cat minyak atau cat solvent.

Selain Aman, Cat Juga Harus Ekonomis
Dilihat dari masalah harga, sekilas harga cat water based lebih mahal dibandingkan cat solvent. Tetapi untuk proses aplikasi, cat solvent based membutuhkan bahan pelarut yang juga memerlukan uang. Jika Anda menggunakan cat water based, Anda cukup memberikan bahan pelarut air yang murah dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti timbal dan juga merkuri. Budget yang akan Anda keluarkan tentu lebih sedikit jika menggunakan cat duco kayu water based.

Nilai ekonomis yang lain dari cat water based adalah pada proses aplikasinya yang mudah dan kecepatan keringnya. Proses aplikasi yang mudah akan menghemat waktu. Selain itu, cat water based juga tidak bergantung pada keberadaan sinar matahari secara langsung untuk mendapatkan pengeringan sempurna. Karena tidak memerlukan sinar matahari langsung, Anda bisa melakukan proses aplikasi baik di pagi, siang, sore atau bahkan malam hari.

Cat minyak atau cat solvent akan menguap sempurna apabila terdapat panas matahari. Apabila dijemur tanpa ada panas matahari maka keringnya tidak sempurna. Akan muncul efek warna putih karena bahan pelarut solvent yang tidak kering sempurna. Pada cat water based kering sempurna tidak membutuhkan panas matahari secara langsung. Cat akan mengering dengan sempurna bahkan dengan suhu udara saja.

Artikel Terkait: harga cat kayu

Karena tidak tergantung pada keberadaan matahari, maka proses aplikasi bisa diselesaikan lebih cepat. Ini berarti ada penghematan di sana. Biaya tenaga kerja tidak membengkak dan waktu yang ada bisa Anda manfaatkan untuk memproduksi barang lainnya. Ini berarti semakin banyak produk yang bisa Anda produksi.

Dengan kata lain, aplikasi cat duco water based akan menurunkan cost of production atau biaya produksi. Selain tidak perlu memberi bahan pelarut seperti thinner, proses finishing menggunakan catkayu water based warna solid ini juga memberi penghematan pada biaya tenaga kerja karena waktu kerja yang bisa dipadatkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s