Penyebab Siswa Sangat Serius Belajar UNBK Bahasa Indonesia

Sebanyak 337 siswa SMP Negeri 1 Bandar Lampung tengah serius mengerjakan Soal Bahasa Indonesia di hari pertama UNBK. Kepala SMPN 1 Bandar Lampung Haryanto saat ditemui Tribun Lampung, Senin (23/4) mengatakan ada 337 siswa yang mengikuti ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia di hari pertama.

Baca Juga: struktur teks eksposisi

Adapun persiapan yang telahdilakukan sudah jauh-jauh hari dan juga dari pertama kalinya ikuti UNBK.

Baca Juga: teks eksposisi

“Alhamdulillah kita telah melakukan simulasi beberapa kali dan para siswa juga telah mengerti tentang ujian berbasis komputer tersebut,” katanya.

Polisi menetapkan kepala sekolah di SMPN 54 Surabaya sebagai tersangka kecurangan di Ujian Nasional Berbasis Kompter (UNBK) di sekolah yang dipimpinnya.

“Status sudah tersangka, yang sebelumnya jadi saksi,” tutur Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan, Selasa (8/5/2018).

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Sudamiran menambahkan penetapan tersangka KY, dilakukan setelah gelar perkara. Polisi sudah mengantongi dua barang bukti.

Dua alat bukti ini diduga digunakan untuk melancarkan kecurangan UNBK di sekolah yang dia pimpin. Sebelum KY, pihak kepolisian sudah menangkap dua tersangka lain.

Di antaranya pegawai honorer yang bertugas sebagai teknisi IT dan tata usaha.

Mereka berdua terbukti menyadap komputer selama ujian berlangsung dan meneruskannya ke sebuah bimbingan belajar.

Kasus kecurangan UNBK di SMPN 54 terjadi saat ujian hari terakhir dilakukan.

Dinas Pendidikan Kota Surabaya, M Iksan mengatakan jika ada kejanggan selama ujian.

Yaitu siswa yang seharusnya ujian di sesi satu, berpindah ke sesi tiga.

Kejadian ini pun langsung dia laporkan ke Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini dan pihak Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan, pada Jumat (27/4/2018) lalu.

Leave a comment